0
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN[RPP ]
Sekolah : SDN KANIGORO 03
Kelas/ Semester : I/ II
Tema : 7. Benda, Hewan,dan Tanaman di sekitarku
Sub Tema :
7.1Benda Hidup dan Tak Hidup Disekitarku
Pembelajaran : I
Materi Pokok :
1.Klasifikasi Benda Hidup
dan Benda tak Hidup
2. Aturan Pengelompokan Benda
3. Menulis Nama dan Lambang Bilangan
61 - 80
A. Kompetensi
inti
I.
Menerima dan menjelaskan
agama yang dianutnya
2.
Memiliki prilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,perduli dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
Keluarga,teman
dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati,mendengar,melihat,membaca,dan me
Nanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makluk ciptaan Tuhan
dan ciptaannya ,dan benda- benda yang
dijumpainyadi rumah dan sdi sekolah
4. Menyajikan Pengetahuan
Factual dalam Bahasa yang jelas dan logisdalam karya estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat , dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman
dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
Bahahasa
Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal Teks diskrftif tentang anggota tubuh dan panca indra wujud
dan sifat benda, serta peristi
dapat diisi
dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks diskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra wujud dan sifat bendan serta sifat benda
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonesia lesan dan tulus yang
dapat di isi dengan kosa kata bshssa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1
Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang dibaca
3.1.2
Menceritakan kembali teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan benda
tak hidup
3.1.3
Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup
3.1.4
Memberikan tanggapan tentang
pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup
PPKN
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3
Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
3.2.1
Menjelaskan
tata tertib dalam pengelompokkan benda
3.2.2 Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
3.2.3 Menuliskan tata tertib
pengelompokkan benda.
Matematika
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas
sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator
3.2.1 Mengurutkan bilangan 61-80.
3.2.2 Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
3.2.3 Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu
kelompok.
3.2.4 Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu
kelompok.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan
benda tak hidup dengan lancar.
2. Setelah
membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
3. Setelah
membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup
dengan benar.
4. Setelah
mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak
hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
5. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan
benar.
6. Dengan
kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan
benar.
7. Setelah
berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
8. Setelah
mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80
dengan benar.
9. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu
kelompok dengan benar.
10. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak
anggota benda dalam kelompok dengan benar.
11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu
kelompok dengan benar.
E MATERI AJAR
1.Klasifikasi Benda Hidup dan Benda tak Hidup
2.
Aturan Pengelompokan Benda
3.
Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61 - 80
F. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : saintitifk
Metode : diskusi
G. MEDIA
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku siswa
2. Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup yang ada di
sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan, tumbuhan, dan gambar benda di
sekitar)
3. Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah, diberi label benda hidup dan
benda tak hidup
4. Kartu nama dan
lambang bilangan 61-80 sebanyak 4 set
Posting Komentar