0
Posted by Unknown on 01.55 in ,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN[RPP ]
Sekolah                   :   SDN  KANIGORO 03
Kelas/ Semester       : I/ II
Tema                       :  7. Benda, Hewan,dan Tanaman di sekitarku
Sub Tema                :   7.1Benda Hidup dan Tak Hidup Disekitarku
Pembelajaran           : I
Materi Pokok          :   1.Klasifikasi Benda Hidup dan Benda tak Hidup
                                   2. Aturan Pengelompokan Benda
                                   3. Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61 - 80
Alokasi Waktu         :   I Hari (5 x 35 menit)
       A.   Kompetensi inti
I.  Menerima dan menjelaskan agama yang dianutnya
2. Memiliki prilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,perduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
    Keluarga,teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati,mendengar,melihat,membaca,dan me
    Nanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makluk ciptaan Tuhan dan ciptaannya ,dan benda-       benda yang dijumpainyadi rumah dan sdi sekolah
4.  Menyajikan Pengetahuan Factual dalam Bahasa yang jelas dan logisdalam karya estetis
    dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat , dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku   anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda      melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal Teks diskrftif tentang anggota tubuh dan panca indra wujud dan sifat benda, serta peristi
 dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1  Mengamati dan menirukan teks diskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra wujud dan sifat     bendan serta sifat benda siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonesia lesan dan tulus yang dapat di isi dengan kosa kata  bshssa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang dibaca
3.1.2 Menceritakan kembali teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan benda tak hidup
3.1.3 Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup
3.1.4 Memberikan  tanggapan tentang pengelompokan benda hidup dan benda tak hidup
PPKN
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
 3.2.1 Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda
3.2.2  Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
 3.2.3 Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.
Matematika
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas  
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator
3.2.1  Mengurutkan bilangan 61-80.
 3.2.2  Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
 3.2.3  Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
 3.2.4  Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
2. Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
3. Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup dengan benar.
4. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
6. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.
7. Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
8. Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
E MATERI AJAR
1.Klasifikasi Benda Hidup dan Benda tak Hidup
2. Aturan Pengelompokan Benda
3. Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61 - 80
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : saintitifk
Metode   : diskusi
G. MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR
  
1. Buku siswa
2. Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan, tumbuhan, dan gambar benda di sekitar)
3. Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah, diberi label benda hidup dan benda tak hidup
4. Kartu nama dan lambang bilangan 61-80 sebanyak 4 set

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 smartteacher All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.